Minggu, 02 Juni 2013

Alasan Pantai Menjadi Tempat Terbaik Untuk Olahraga

Jakarta, Olahraga bisa dilakukan di mana saja, di dalam maupun di luar ruangan. Dari berbagai pilihan tempat olahraga, pantai disebut-sebut sebagai tempat terbaik untuk menjaga kebugaran lewat beragam aktivitas fisik. Mengapa demikian?

Sebuah penelitian terbaru di Italia menunjukkan olahraga bisa membakar kalori dalam jumlah paling banyak jika dilakukan di pantai. Alasan utamanya adalah pasir, yang memiliki tekstur khas dan memberikan banyak keuntungan sebagai tempat berpijat.

Penelitian itu menunjukkan, pemain bola yang berlari kencang di atas permukaan tertentu seperti pasir maupun rumput buatan cenderung membutuhkan tenaga lebih besar. Dengan sendirinya, pembakaran kalori dari lemak maupun sumber energi lainnya menjadi lebih besar.

"Di atas pasir, kaki Anda akan selip dan tenggelam. Ini memaksa otot-otot tungkai bawah untuk bekerja lebih keras," kata sang peneliti, Paolo Gaudino, PhD seperti dikutip dari MensHealth.com, Senin (3/6/2013).

Secara teknis, permukaan pasir yang lembut akan meredam kekuatan otot sehingga efeknya tidak sebanding dengan pembakaran kalorinya. Alhasil untuk menghasilkan tenaga yang cukup untuk berlari, tubuh harus membakar lebih banyak kalori dari biasanya.

Dilihat dari risikonya, olahraga di pantai berpasir lembut juga menguntungkan bagi sendi. Risiko cedera sendi saat berlari di atas pasir diyakini lebih rendah dibandingkan saat berlari di atas permukaan yang lebih keras, tentunya jika dilakukan dengan teknik yang benar.

Keuntungan lain yang didapat dari olahraga di pantai adalah udaranya yang relatif lebih bersih daripada udara di perkotaan. Tidak terlalu salah apabila ada mitos bahwa pengidap asma bisa sembuh jika bermain di pantai, sebab udaranya memang lebih segar.

Sumber: http://health.detik.com/read/2013/06/03/110255/2262871/763/tempat-olahraga-terbaik-adalah-pantai-ini-alasannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar