Kamis, 11 November 2010

Malangnya Anak Jalanan

Ini adalah tugas artikel kedua Ilmu Sosial Dasar dengan tema Anak Jalanan, dan saya memberikan artikel ini dengan judul "Malangnya Anak Jalanan". Berikut artikelnya................




Anak Jalanan. Mereka adalah beberapa anak yang kurang beruntung, yang harus meneruskan hidup dengan mencari uang di jalanan di saat anak yang lain bermain dan belajar. Anak-anak yang kurang beruntung karena harus menerima kejamnya dunia. Anak-anak yang kurang beruntung karena harus tidur dengan beralaskan selembar koran dimana anak yang lain tidur dengan beralaskan kasur yang empuk. Anak-anak yang mengenakan pakaian yang tak layak pakai.


Anak-anak kurang beruntung ini mudah kita temui di Negeri ini. Mudah dikarenakan cara-cara pemerintah dalam menangani masalah ini masih Reaktif dan Represif. Reaktif, karena melihat persoalan anak jalanan sebagai perusak keindahan perkotaan dan pelaku kriminal. Represif, diperlihatkan dalam bentuk penanganan anak jalanan dengan melakukan razia, tangkap, dan ceramah.


Dalam menangani permasalahan seperti ini harus ditangani dengan cara pendekatan Responsif, yaitu pendeketan yang mengedepankan pendampingan sehingga relasi antara anak jalanan dengan pemerintah lebih bersifat melayani anak jalanan.


Anak jalanan juga mempunyai dampak positif dan dampak negatif bagi diri anak jalanan sendiri dan orang lain. Dampak positif nya yaitu mengajarkan seseorang bagaimana kejamnya dunia dan mengusahakan seseorang untuk memajukan kehidupan mereka masing-masing. Sedangkan dampak negatifnya yaitu banyaknya kriminalitas yang terjadi dimana-mana.


Sekian artikel ini saya tulis. Wassalam :)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar