Sabtu, 08 Oktober 2011

KEMAJUAN TEKNOLOGI INFORMASI

Teknologi merupakan perkembangan suatu media / alat yang dapat digunakan dengan lebih efisien guna memproses serta mengendalikan suatu masalah. Informasi adalah pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi. Teknologi Informasi adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. Teknologi Informasi menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi antara lain:
         
         1. Komputer 
             Komputer atau Personal Computer (PC) adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang dirumuskan.
          2. Televisi
              Televisi adalah media elektronik yang menyampaikan informasi melalui gambar dan suara.

         
         3. Alat-alat elektronik rumah tangga
             Salah satu contohnya adalah radio, yaitu media elektronik yang menyampaikan informasi melalui suara.

             4. Telepon
                 Telepon adalah alat komunikasi untuk menyampaikan pesan suara.



    Seiring berkembangnya zaman, teknologi semakin maju dan infomasi semakin luas. Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Bahasa adalah teknologi yang memungkinkan seseorang memahami informasi dari manusia lain. Informasi tersebut tidak akan bertahan lama sebab penerima akan melupakannya dan batas suaranya pun terbatas. Selain dengan bahasa, teknologi juga berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh, apalagi sekarang manusia pun sudah banyak yang mengenal internet.

    Perkembangan dalam bidang teknologi informasi pada saat ini telah membawa manfaat yang sangat penting bagi kemajuan kehidupan manusia. Berbagai macam kegiatan manusia yang sebelumnya dikerjakan oleh mereka, kini digantikan oleh perangkat mesin otomatis. Kedudukan manusia juga seolah-olah tergeser dengan adanya sistem komputer yang semakin canggih yang dapat menggeser kemamampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktifitas yang dilakukan manusia. Perkembangan teknologi informasi sudah benar-benar dapat dirasakan manfaatnya dalam kehidupan manusia, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa perkembangan teknologi informasi memberikan kesejahteraan terhadap kehidupan manusia.

    Manfaat teknologi informasi masih banyak yang dapat dirasakan seperti lebih cepat mendapatkan informasi yang akurat dan terbaru didunia dengan menggunakan internet, dapat berkomukasi dengan teman walaupun jarak jauh berbeda pulau ataupun negara, serta mendapatkan layanan bank dengan sangat mudah dll. Selain mendapatkan manfaat, teknologi informasi juga dapat berdampak negatif. Dampak negatifnya antara lain :

    1. Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah-gunakan pihak tertentu untuk tujuan tertentu,
    2. Kerahasiaan alat tes semakin terancam. Melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara langsung dari internet.
    3. Kecemasan teknologi, Selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer. Kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi. Rusaknya modem internet karena disambar petir.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar